Pencarian...

Powered By Blogger

Minggu, 04 Maret 2012

Android Abaikan Keamanan Data Pengguna?


Isu keamanan data di perangkat Android sudah cukup lama jadi perbincangan hangat di tengah para penggunanya. Hal ini terkait analisis, bahwa kerahasiaan data para pengguna platform garapan Google tersebut seakan ‘diabaikan’. Misalnya dalam hal data foto, lokasi, serta beberapa data lain yang ada di dalam perangkat.

Sebelumnya, isu serupa menerpa iOS, dimana aplikasi pihak ketiganya yang mengajukan ijin mengakses lokasi, ternyata bisa pula mengakses foto yang ada di dalam perangkat. Namun, menurut sumber dari The Verge hal tersebut merupakan bug (cacat software), yang saat ini Apple sedang memperbaikinya.
iOS 3rd party apps, akses lokasi & fotoiOS 3rd party apps, akses lokasi & foto
Lain cerita dengan Android, bahkan di platform ini dirasa lebih mengkhawatirkan. Pasalnya, perijinan aplikasi pihak ketiga yang akan diinstal, dilaporkan tak sekadar bisa menyedot data foto di perangkat namun juga mengunggahnya ke website. Semuanya dilakukan di belakang layar, tanpa sepengetahuan pengguna.

Berdasarkan laporan The Verge seusai menghubungi pihak Google, beberapa pendapat senada keluar dari pengembang, dimana hal tersebut merupakan bagian dari fitur, bukan bug. Google mengatakan bahwa Android awalnya memang didisain untuk bisa memberikan fasilitas akses ke folder file, mengingat dulu data-data ada di memori eksternal.

Tapi kini kebanyakan ponsel Android memiliki memori internal, yang akhirnya mencari jalan untuk bisa mengakses foto-foto. Hanya saja pihak Google kini sudah menyediakan pemantau aplikasi lewat program Bouncer, yang kedepannya bisa menekan malware serta beredarnya aplikasi-aplikasi macam tersebut di App Store.

Yang pasti, Google (OS Android) harus bisa lebih memperhatikan keamanan data pengguna, meski perusahaan ini berniat menyatukan kesemua layanannya menjadi satu ekosistem terpadu. Khususnya menyediakan akses back-up dan hapus data jarak jauh (kontrol jarak jauh), mengingat banyak data kita tersinkronisasi dalam perangkat Android yang kita pakai. Coba bayangkan kalau perangkat Android kita hilang, banyak kerugian akan diderita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Nama...

>